Sistem operasi adalah kehidupan komputer, ada banyak contoh di mana Anda ingin memiliki sistem operasi alternatif. Setiap sistem operasi memiliki fitur dan rasanya. Ini adalah daftar terbaik dari semua sistem operasi yang layak digunakan di komputer.Microsoft Windows bukan satu-satunya OS yang dapat Anda jalankan. Artikel ini diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki efisiensi komputer sedang atau lebih tinggi . yang sangat membantu untuk dengan mudah menjalankan sistem operasi alternatif yang disebutkan di atas.

Namun, jika Anda memiliki PC lama yang sebanding, atau kehabisan RAM pada sistem operasi Anda saat ini, Anda mungkin tertarik dengan 5 sistem operasi paling ringan untuk komputer/laptop low-end .

Sistem Operasi Alternatif Windows

Windows merupakan sistem operasi berlisensi yang sangat populer, namun sebagian orang merasa bosan dengan tampilan windows, dan sebagian orang merasa bahwa sistem operasi open source seperti linux memiliki fitur yang kurang lebih sama namun tidak terasa berat saat dijalankan dikomputer mereka. dan sebagian orang lagi karna mereka membutuhkan tool yang tidak tersedia di OS windows untuk kebutuhan komputer mereka.

Banyak sekali sistem operasi alternatif yang bisa Anda install di komputer anda, baik untuk single boot ataupun dual boot. namun kali ini saya hanya akan memberikan 10 OS Alternatif Windows yang paling sering digunakan dan layak anda pertimbangkan untuk mencobanya.

Sistem Operasi Berbasis Android untuk PC

sistem operasi android untuk pc

Saya telah meninjau sebagian besar OS Android untuk PC yang dapat dipasang siapa saja di komputer. Anda melakukan semua hal yang mungkin terjadi di ponsel android yang sebenarnya.

Proyek Android-x86

( Jalankan Android build x86 dikomputer ) Proyek open source untuk port Android ke X86 Machines. Iya nih! Ini berjalan cepat dan bekerja pada mesin 32 dan 64-bit. Versi stabil adalah 7 (rc2) yaitu Nougat (Juga, pengembang yang mengerjakan port Oreo x86 dan x86_64) Tapi Anda mungkin tidak ingin menggunakannya untuk keperluan sehari-hari , pertimbangkan OS Remix dan OS Phoenix, kekuatan proyek yang sama keduanya. Jika Anda menggunakan Android + build x86 , Anda tidak akan mendapatkan banyak fitur seperti menu Start dan taskbar, namun merupakan pengalaman khas Android yang fungsional. Secara teknis ini adalah Android murni di PC Anda sebagai sebuah sistem operasi.

1. Remix OS (OS Android)

Remix OS 3.0 Untuk PC membuat dampak besar di internet. Orang-orang menjadi gila tentang hal itu, mereka semua ingin meraih dan memasangnya di PC mereka. Ini adalah kombinasi sempurna antara Android + Windows UI . Anda akan mendapatkan File Explorer yang hebat (bisa browsing HDD), menu Start, taskbar, notification bar dan masih banyak lagi. Versi terbaru jauh lebih stabil dan dilengkapi dengan driver bawaan, jadi Anda tidak memiliki kinerja video yang lambat, dll.

Namun, Jide menghentikan proyek ini , Anda masih bisa mendapatkan gambar perangkat lunak dari situs namun tidak mengharapkan update lebih lanjut. Versi terakhir remix os berjalan di marshmallow Android, dan sangat menyedihkan bahwa kita (mungkin) tidak akan melihatnya berjalan dengan nougat, apa lagi Oreo.

Berdasarkan proyek Android x86 membawa lebih banyak fitur. OS Remix mendukung CPU dengan kompatibilitas 32-bit dan 64-bit.

1.1. Phoenix OS

Phoenix OS baru saja merilis sumbernya sebagai petisi.

Alternatif untuk Remix OS, ini bekerja pada Mesin 32-Bit dan memiliki fitur seperti Remix OS. Ini dirilis hanya setelah Remix OS. Sebelum Remix OS merilis versi 32-bit, orang memilih Phoenix OS karena kemampuannya untuk berjalan di mesin 32-bit. Namun sekarang Remix OS juga merilis varian 32-bit.

Versi installer baru bisa menghemat pekerjaan anda. Phoenix OS adalah sistem operasi yang cepat untuk PC lama dan bahkan berjalan pada Cpu Intel Dual Core.

Phoenix OS juga menawarkan pilihan daya minimal dan berfungsi sebagai alternatif sistem operasi Windows. Meskipun ada beberapa bloatware China yang tidak dapat saya copot pemasangannya, karena segera muncul setelah mencopot pemasangannya.

2. Sistem operasi berbasis Linux

sistem operasi berbasis linux

Pop! _OS

Requirments : 2GB RAM, arsitektur 64-bit CPU .

Fitur utama : Pengembang memusatkan distro linux minimalis, Dukungan sistem Intel / AMD dan NVIDIA.

Hal ini tampaknya sedikit menarik bagi saya, tidak ada bola dan peluit tapi melakukan pekerjaan. Antarmuka minimalis tapi Anda tidak akan kehilangan apapun dan secara keseluruhan tampilannya sangat indah. Ketika Anda menekan tombol Windows itu mengatur semua jendela yang terbuka di antarmuka grid yang mirip dengan tampilan tugas Windows 10.

 

Ubuntu

Betul! Tidak ada yang bisa mengalahkan Ubuntu,  cepat dan teratur, itu benar. Ubuntu hadir dengan beberapa aplikasi seperti GIMP, VLC, Firefox, dll. Versi terbaru Ubuntu adalah 16.04 yang membutuhkan RAM minimal 2GB. Namun, Anda bisa mendownloadversi Ubuntu yang lebih tua jika komputer Anda memiliki RAM lebih rendah. Kami juga telah meninjau 5 distro Linux berbasis Ubuntu terbaik yang bisa Anda instal , karena berbasis linux dan merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer, namun ada alternatif lain selain juga . Anda memerlukan pengetahuan dasar tentang menginstal sistem operasi di komputer Anda.

 

Lubuntu

Ini adalah proyek resmi dan merupakan OS ringan bagi mereka yang mencari alternatif Ubuntu yang lebih ringan. Ini adalah turunan Ubuntu yang menggunakan sumber daya lebih sedikit dan hemat energi. Semua fitur keynote ini menjadikannya sistem operasi yang ringan, namun perlu diketahui, istilah ringannya tidak tepat disini. Tapi lebih ringan jika kita membandingkannya dengan permintaan resmi Ubuntu dan energi dan sumber daya. Yang pasti, ada banyak distribusi Linux ringan dan cepat lainnya, seperti DSL, tapi bukan turunan Ubuntu atau berdasarkannya. Ini menggunakan lingkungan desktop LXDE. Kebutuhan: sekitar dua gigs RAM.

 

ZorinOS

Zorin OS ini mengingatkan dan mungkin kombinasi antara tampilan Windows 10 dan Windows 7, namun lebih baik lagi. Anda mungkin memiliki waktu yang sulit saat menginstal driver grafis sesuai perangkat keras komputer Anda, namun ada tutorial tentang mereka.

Meskipun demikian, Anda akan mendapatkan antarmuka pengguna yang bagus, di mana sebagian besar pengaturan dan fungsinya berjarak satu atau dua klik. Seperti menu start berisi shortcut ke Settings, software dan power options. Terdengar seperti Windows 7, sih ya. Secara keseluruhan antarmuka yang layak dan lebih desain modern. Muncul dengan beberapa aplikasi seperti browser Chromium, Wine untuk memutar aplikasi Windows, office, utilitas dan beberapa permainan built-in.

 

Chrome OS

chrome OS

Chrome OS secara resmi tersedia untuk Chromebook dan sekarang dengan dukungan play store.

Chromium oleh Arnoldthebat

Fitur utama : Jalankan Chrome OS yang tidak resmi namun sama pada komputer manapun

Endless OS

edless os

endlessOS. System Operasi berbasis linux yang tergolong baru, yang didesain untuk pc dekstop/laptop..desain minimalis seperti android.. mudah,ringan. terdapat pilihan b.indonesia utk system operasi. cocok untuk spesifikasi low end.. dilengkapi aplikasi office dll.. bisa dijadikan single boot ataupun dual boot dengan windows… instalasi sangat mudah.. bahkan tanpa perlu media bootable.. layak dipertimbangkan untuk mencoba yg satu ini..

Inilah Sistem Operasi Ringan dan Cepat.

Ini adalah sistem operasi ringan yang dapat berjalan pada kemungkinan pada PC manapun, bahkan dengan ram 126 MB *. (mohon periksa rekomendasi minimal dari semua sistem operasi sebelum menggunakan.) Sistem operasi yang terdaftar di bawah ini sangat cepat dan mudah dipasang secara temporer melalui USB. Sebagian besar sistem operasi ringan ini adalah distro linux .

5. Slax – bisa berjalan di mesin Ram 256 MB.

Slax Minimum Requirement : CPU i486 atau yang lebih baru, prosesor Intel / AMD dengan RAM 256 MB

Slax adalah salah satu sistem operasi ringan yang bisa boot langsung dari media eksternal, dan tidak ada persyaratan untuk menginstalnya pada hard drive Anda. Seperti yang mungkin Anda ketahui, ini didasarkan pada Linux sehingga menghasilkan lebih sedikit sumber daya. Namun, ini distribusi kecil berbasis Linux namun pada dasarnya Anda dapat melakukan hal seperti menginstal program olahpesan obrolan seperti manajer download Pidgin atau uGet.

Slax tersedia untuk arsitektur prosesor 32bit dan 64bit. Versi 32-bit dirancang untuk tampil lebih baik pada PC yang lebih tua (seperti Intel 486, jika Anda kembali ke tahun 1989). Ini akan berjalan secara sah dengan segar dari plastik PC baru juga. Namun, ini dibatasi dalam ukuran RAM yang bisa dilihat dan dibatasi hingga RAM 3GB paling ekstrim.Adaptasi 64-bit tidak memiliki titik kurungan seperti itu, namun tidak akan terus berjalan pada PC yang lebih berpengalaman daripada beberapa tahun. Kemungkinan Anda berencana menggunakan Slax di PC biasa, atau Anda mencari kerangka kerja dengan kesamaan yang paling luar biasa, lalu memilih 32bit. Jika tujuan Anda adalah memanfaatkan Slax pada mesin baru dari kotak baru, sebaiknya Anda pergi ke 64bit.

 

6. Puppy Linux

Persyaratan minimum : CPU intel lama beserta beberapa RAM.

Puppy Linux adalah super ringan lainnya yang dirancang untuk berjalan di komputer low-end sekalipun. Jika Anda perlu membuat bootable USB-nya , harganya kira-kira sekitar 100MB ruang, dan juga ukuran file installer ISO sekitar 104MB. Yang harus Anda instal di DVD, setelah itu Anda bisa sementara boot dari DVD. Setelah di-boot, Anda bisa membuat bootable USB drive dari menu yang berada di bawah Menu> Create Bootable USB. Jadi Puppy Linux pada dasarnya merupakan upaya untuk membuat PC lama Anda dapat digunakan lagi.

File gambar versi 6.x baru berukuran sekitar 200MB dan tersedia dalam 32 dan 64-bit. Baru-baru ini dengan rasa ingin tahu, kami mencicipi untuk melihat bagaimana hal ini berbeda dari terakhir kali kami menggunakannya ketika kami menulis artikel ini kembali pada bulan Desember 2015.

 

7. NimbleX

Persyaratan Minimum : Pentium II atau CPU yang lebih baru dengan RAM 128 MB

NimbleX adalah kerangka kerja kecil namun fleksibel yang memiliki kapasitas boot dari lingkungan CD, USB atau jaringan dan bahkan dari hard drive itu sendiri. Karena berjalan sama sekali dari CD, USB atau sistem, tidak perlu dipasang di komputer. Dengan demikian, Anda tidak memerlukan Harddisk.

Di NimbleX, Anda dapat menjelajahi web dengan Firefox, mengobrol dengan teman Anda menggunakan aplikasi IM multi-protokol Kopete, mendownload torrents with Transmission, menggunakan DC ++, terhubung dari jauh ke komputer lain dan banyak lagi.

 

8. GeeXboX

GeeXboX adalah gratis ringan, dan Open Source Media-Center bertujuan distribusi Linux untuk perangkat embedded dan komputer desktop. GeeXboX bukan aplikasi, ini adalah OS berfitur lengkap, yang bisa di-boot sebagai Live-CD, dari tombol USB, kartu SD / MMC atau dipasang di HDD regulernya.

GeeXboX menyediakan aplikasi Media Center siap pakai untuk plug-and-play yang dapat memutar konten multimedia. Ini telah dirancang untuk dapat dikontrol sepenuhnya melalui keyboard, mouse atau remote kontrol dan tidak memerlukan keahlian terkait komputer tertentu. Ini fitur keadaan teknologi seni untuk memberi Anda pengalaman multimedia terbaik untuk memaksimalkan perangkat keras Anda.

 

9. EasyPeasy

Requirments : NA. Dihentikan pada tahun 2010

Edisi Netbook Ubuntu sangat bagus, tapi banyak hal yang tidak bekerja di luar kotak MP3, misalnya, tidak bisa dimainkan sampai Anda menginstal codec. EasyPeasy bertujuan untuk menjadi sederhana dengan menawarkan aplikasi proprietary dan codec di luar

EasyPeasy dirancang untuk awan. Ini dikonfigurasi dengan driver Wifi dan nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan netbook Anda dengan cepat ke Internet dan menikmati aplikasi web langsung dari desktop. EasyPeasy dioptimalkan untuk konsumsi daya rendah dan sejak awal dikembangkan dengan kinerja baterai dan mobilitas yang bagus.

 

10. Jolicloud

Dihentikan pada bulan April 2016

Sistem operasi sekarang dihentikan. Untungnya, Anda tetap bisa mendownload semua versi Jolicloud dari Internet. Karena berbasis Linux, itu harus pengganti yang bagus untuk komputer yang berada di rumah dan sekolah. Ini juga mendukung aplikasi berbasis Chromium, pada dasarnya berbasis web dan aplikasi di sekitar 1500. Saya tidak tahu, tapi sebelum mereka menghentikan distribusi Linux ini, ia secara otomatis memperbarui paket yang terinstal.

Masih banyak sistem operasi yang bisa menjadi Alternatif untuk windows yang tidak saya cantumkamkan diatas.. Pada dasarnya pada hal ini para pengembang sistem operasi open source ataupun yang berbayar selalu berusaha mengembangkan sebuah sistem yang ringan, cepat dan powerfull. Namun seperti yang kita tahu bahwa tidak ada sistem yang sempurna didunia ini, karna kesempurnaan hanyalah milik-Nya.