WordPress Merupakan CMS berbasis blog paling populer di Indonisia. Meski berbasis blog, CMS yang satu ini sering digunakan untuk membuat website bisnis hingga jual beli. Tentu saja dengan menggunakan Tema dan Plugin tertentu. WordPress pun terbagi menjadi dua yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Selanjutnya akan kita bahas tentang ” Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.

Cara Install dan Menjalankan WordPress di Localhost

wordpress di localhostGambar diatas merupakan hasil instalan WordPress jika berhasil terinstal dikomputer anda. kita mulai langkah demi langkahnya. hal pertama yang harus dilakukan adalah…

Menginstal Web Server pada Komputer Lokal

Hal ini sudah saya sampaikan di Artikel sebelumnya, yaitu Cara menjalankan File PHP di Komputer Lokal dengan Cara Menginstal Modul XAMPP. XAMPP adalah modul untuk menjalankan web server di localhost, dengan Apache sebagai Web servernya, lengkap dengan Databese MySQL dan FTP Server dengan FileZilla. Silahkan Download Modul XAMPP Disini dan jalankan instalasi di komputer Anda. Lanjut langkah Berikutnya..

Menginstal Modul Installer WordPress Untuk Localhost

Ini merupakan langkah inti dari pada apa yang sedang anda cari. Download Modul Installer Wordpres disini. dan jalankan file Installer tersebut. WordPress yang saya sediakan di link tersebut adalah wordpress versi terakhir dan selalu update otomatis  dari WordPress.Org. Saat Instalasi berlangsung, Anda akan dituntut untuk mengisi form username dan password. Isi sesuka anda, namun jangan sampai Anda lupa karena itu akan menjadi data login Wordpess anda.

Jika semua sudah Anda lakukan, Selamat Komputer Anda telah terinstall WordPress. “Lalu bagaimana saya tahu jika wordpress versi terbaru sudah terinstal di komputer saya?”. Jabannya adalah “Jalankan“.

Cara Menjalankan WordPress di Localhost

Untuk mengetahui jika komputer anda sudah terinstall WordPress, langkah pertama jalankan Browser anda. Saya menggunakan Google Chrome untuk ini. berikutnya ketikan “Localhost” pada adress bar dibrowser (tanpa tanda petik) dan jika instali berhasil, maka akan muncul halaman seperti gambar diatas. Seperti gambar pada paragraf pertama di artikel ini. Dan jika anda ingin melihat direktori  halaman WordPress anda, ketikan “localhost/wordpress”.