Kembali ke tutorial Localhost, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang Cara Mengganti URL Localhost dengan Domain sendiri.  Untuk tutorial yang saya berikan kali ini adalah untuk kalian yang menggunakan sistem operasi windows (XAMPP).

Cara Mengganti Url Localhost Default (Custom Domain)

Localhost atau 127.0.0.1 merupakan url default landing page saat kalian telah selesai dengan instalasi web server di komputer kalian. Lalu apakan url tersebut bisa diganti dengan domain name kalian sendiri? Tentu saja bisa. Simak baik-baik tutorial ini karena saya akan membantu kalian berhasil merubah url tersebut . Ini sangat mudah, hanya butuh dua saja.

Terkait dengan localhost :

Cara Menjalankan File PHP di computer local (localhost)

Download Modul XAMPP untuk windows

Tutorial Install WordPress di Localhost

Edit File Hosts di System

Langkah Pertama adalah Mengedit file hosts , letak file ini ada di sistem windows, kalian bisa langsung cek ke direktori C:\Windows\System32\drivers\etc\ . Gunakan text editor misalnya Notepad++ untuk mengedit file tersebut, atau kalian juga bisa menggunakan notepad bawaan windows di komputer kalian.

Berikutnya cari 127.0.0.1 localhost, gunakan
jika diperlukan, atau mungkin saat ini kalian sudah menemukannya. Tepat dibawah 127.0.0.1 localhost tambah code seperti dibawah ini (copas aja brow langsung hehehe…)

(jangan lupa untuk merubah kbfin.oh , ganti sesuka kalian asalkan kalian bahagia, saya juga bahagia)

Selanjutnya Simpan (pastikan saat menyimpannya kalian dalam mode Administrator )

Edit File httpd-vhosts.conf di Folder XAMPP

Langkah kedua  kita akan  pergi ke file yang akan mengganti url localhost dengan domain sendiri  yang terletak di dalam folder instalasi XAMPP, tepat di  C:\xampp\apache\conf\extra\ . Cari File dengan nama httpd-vhosts.conf kemudian edit file tersebut. Temukan kode seperti kode dibawah.

Lalu letakkan kode dibawahh ini tepat diatas kode tersebut. (ingat! Tempelkan diatasnya, jangan menghapus kode apapun)

(saya ingatkan lagi untuk mengganti kbfin,oh nya). Simpan File Selesai. Sangat mudah bukan? Kalian hanya tinggal mengujinya. Jalankan Localhost kalian dan lihat apakah domain yang kalian gunakan menampilkan Landing Page XAMPP?   Jika iya, selamat telah berhasil merubah url localhost atau 127.0.0.1 di localhost (komputer lokal) kalian.

 

kbfin.oh dapat diganti dengan domain name yang kalian mau. contoh: nama.lo, website.ku code.mu .